Senin, 11 November 2013

Nama         : Muhammad Reza Hanif
NPM         : 15112049
2KA35


  1. Pengertian Organisasi ?
  2. Manajemen dan Organisasi
  3. Manajemen dan Tata Kerja
  4. Manajemen Organisasi dan Tata Kerja

Jawaban :

1       Pengertian Organisasi
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
Wadah : sekelompok manusia yang saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Setiap kali orang berinteraksi dalam organisasi, banyak faktor ikut bermain. Studi organisasi modern berusaha untuk memahami dan model faktor-faktor ini. Seperti semua ilmu sosial modernis, studi organisasi berusaha untuk mengontrol , memprediksi , dan jelaskan . Ada beberapa kontroversi mengenai etika perilaku pekerja mengendalikan ', serta cara di mana para pekerja diperlakukan (lihat manajemen ilmiah Taylor pendekatan dibandingkan dengan gerakan hubungan manusia dari tahun 1940-an). Dengan demikian, perilaku organisasi atau OB (dan sepupunya, psikologi Industri ) memiliki waktu dituduh alat ilmiah yang kuat. Mereka tuduhan menyimpang, OB dapat memainkan peran utama dalam pengembangan organisasi , meningkatkan kinerja organisasi , serta kinerja individu dan kelompok / kepuasan / komitmen.
Salah satu tujuan utama dari teori organisasi, menurut Simms (1994) "untuk merevitalisasi teori organisasi dan mengembangkan konseptualisasi yang lebih baik dari kehidupan organisasi." Sebuah teori organisasi harus hati-hati mempertimbangkan asumsi tingkat yang dibuat dalam teori, dan yang bersangkutan untuk membantu manajer dan administrator
    Macam – Macam Organisasi
 Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan tujuan dibedakan menjadi :
1.      Organisasi Niaga
2.      Organisasi sosial
Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan luas wilayah adalah :
1.         Organisasi Regional
2.         Organisasi Internasional

   Organisasi Niaga
Yaitu organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macam organisasi niaga adalah :
·                     Perseroan Terbatas ( PT )
·                     Perseroan Komanditer ( CV )
·                     Firma ( FA )
·                     Koperasi
·                     Join ventura
·                     Holding Company

  Organisasi Sosial
            Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat. Jalur pembentukan organisasi sosial ini antara lain :
·         Jalur Keagamaan
Jalur Profesi, contoh : Organisasi olahraga
Jalur Kepemudaan, contoh : Organisasi sekolah
Jalur Kemahasiswaan , contoh : Organisasi mahasiswa, BEM, HMM.
·         Jalur Kepartaian dan Kekaryaan, contoh : Organisasi politik
    
 Organisasi Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja, sebagai contoh : ASEAN, AF

 Organisasi Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia, contoh : UN, FIFA.

2.Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin dan juga merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.
Fungsi Manajemen secara garis besar fungsi manajemen dibedakan menjadi 5 yaitu :
1. Planning
2. Organizing
3. Directing
4. Coordinating
5. Controling

3.Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah salah satu  cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja yaitu proses melakukan sebuah kegiatan yang telah disusun dan diatur dengan tujuan mencapai keberhasilan dan efisien . Serta organisasai bertujuan untuk menampung atau wadah dari sekumpulan orang dalam mencapai tujuan bersama
Manajemen Organisas i dan Tata kerja
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.



4.Manajemen  Organisasi dan Tata Kerja
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.

Ciri-ciri Organisasi

Setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang (sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin dicapai,

Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

Ciri-Ciri Organisasi
Seperti telah diuraikan di atas bahwa organisasi memiliki tiga unsur dasar, dan secara lebih rinci organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
– Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal,
– Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan (interdependent part) yang  
  merupakan kesatuan kegiatan,
– Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa; pemikiran, tenaga, dan lain-lain,
– Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan,
– Adanya tujuan yang ingin dicapai.

 Unsur-unsur Organisasi:
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut
• Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing

• Ada tujuan tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar