NPM : 15112049
2KA35
- Pengertian Organisasi ?
- Manajemen dan Organisasi
- Manajemen dan Tata Kerja
- Manajemen Organisasi dan Tata Kerja
Jawaban :
1 Pengertian Organisasi
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
Wadah : sekelompok manusia yang saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang
efisien.
Setiap kali orang berinteraksi dalam organisasi, banyak
faktor ikut bermain. Studi organisasi modern berusaha untuk memahami dan model
faktor-faktor ini. Seperti semua ilmu sosial modernis, studi organisasi
berusaha untuk mengontrol , memprediksi , dan jelaskan . Ada beberapa
kontroversi mengenai etika perilaku pekerja mengendalikan ', serta cara di mana
para pekerja diperlakukan (lihat manajemen ilmiah Taylor pendekatan
dibandingkan dengan gerakan hubungan manusia dari tahun 1940-an). Dengan
demikian, perilaku organisasi atau OB (dan sepupunya, psikologi Industri )
memiliki waktu dituduh alat ilmiah yang kuat. Mereka tuduhan menyimpang, OB
dapat memainkan peran utama dalam pengembangan organisasi , meningkatkan
kinerja organisasi , serta kinerja individu dan kelompok / kepuasan / komitmen.
Salah satu tujuan utama dari teori organisasi, menurut Simms
(1994) "untuk merevitalisasi teori organisasi dan mengembangkan
konseptualisasi yang lebih baik dari kehidupan organisasi." Sebuah teori
organisasi harus hati-hati mempertimbangkan asumsi tingkat yang dibuat dalam
teori, dan yang bersangkutan untuk membantu manajer dan administrator
Macam – Macam Organisasi
Organisasi yang
dikelompokkan berdasarkan tujuan dibedakan menjadi :
1. Organisasi
Niaga
2. Organisasi sosial
Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan luas wilayah
adalah :
1. Organisasi
Regional
2. Organisasi
Internasional
Organisasi Niaga
Yaitu organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macam organisasi niaga adalah :
·
Perseroan Terbatas ( PT )
·
Perseroan Komanditer ( CV )
·
Firma ( FA )
·
Koperasi
·
Join ventura
·
Holding Company
Organisasi Sosial
Organisasi
yang dibentuk oleh anggota masyarakat. Jalur pembentukan organisasi sosial ini
antara lain :
· Jalur
Keagamaan
Jalur Profesi, contoh : Organisasi olahraga
Jalur Kepemudaan, contoh : Organisasi sekolah
Jalur Kemahasiswaan , contoh : Organisasi mahasiswa, BEM,
HMM.
· Jalur
Kepartaian dan Kekaryaan, contoh : Organisasi politik
Organisasi Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya
meliputi beberapa negara tertentu saja, sebagai contoh : ASEAN, AF
Organisasi
Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi yang
anggota-anggotanya meliputi negara di dunia, contoh : UN, FIFA.
2.Manajemen dan Organisasi
Manajemen dan Organisasi
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi
dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin dan juga merupakan
kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai
manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.
Fungsi Manajemen secara garis besar fungsi manajemen
dibedakan menjadi 5 yaitu :
1. Planning
2. Organizing
3. Directing
4. Coordinating
5. Controling
3.Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah salah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan
waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja yaitu proses
melakukan sebuah kegiatan yang telah disusun dan diatur dengan tujuan mencapai
keberhasilan dan efisien . Serta organisasai bertujuan untuk menampung atau
wadah dari sekumpulan orang dalam mencapai tujuan bersama
Manajemen Organisas i dan Tata kerja
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa
organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen
adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk
mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja
sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk
mencapainya dengan efisien dan tepat.
4.Manajemen Organisasi dan Tata Kerja
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa
organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen
adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat untuk
mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja
sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk
mencapainya dengan efisien dan tepat.
Ciri-ciri Organisasi
Setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang (sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin dicapai,
Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk melakukan
kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan
mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Ciri-Ciri Organisasi
Seperti telah diuraikan di atas bahwa organisasi memiliki
tiga unsur dasar, dan secara lebih rinci organisasi memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :
– Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling
mengenal,
– Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain
saling berkaitan (interdependent part) yang
merupakan kesatuan
kegiatan,
– Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya
berupa; pemikiran, tenaga, dan lain-lain,
– Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan,
– Adanya tujuan yang ingin dicapai.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur
tertentu, yang antara lain sebagai berikut
• Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
• Ada tujuan tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar